When lyrics come to life

December 2, 2007

Across the Universe.

Film musikal berdurasi 2 jam 11 menit ini bakal bikin semua penggemar beatles puas sama lagu2 yang ada di film ini.
Mulai dari “Let Me Hold Your Hand”, “Hey Jude”, “Come Together”,”Strawberry fields”, sampai (tentunya) “Across the Universe” penuh mengisi film ini.

Cerita berawal dari seorang anak muda bernama Jude yg pergi ke amerika untuk mencari ayahnya dan accidentally berkenalan dengan Max. Seorang mahasiswa Princeton yg rebelion.

cerita sampingan, adalah gadis bernama Lucy (Evan Rachel Woods) yang baru kehilangan kekasih di medan perang, dia memutuskan untuk mengikuti abangnya, yang baru memutuskan untuk cabut dari Princeton, untuk pergi dan tinggal di New York. Si abang yang bernama Max memutuskan untuk cabut ninggalin kluarga, dan tempat kuliah untuk mencari hidup di kota New York. Max gak sendirian ke NY. Dia pergi kesana bersama Jude ( Jim- si ganteng- Sturgess) yang kebetulan bertemu max di Princeton.
Sesampainya di NY, mereka tinggal bersama Sadie- a going to be- lady rockstar di apartemen miliknya. Di apartemen itu juga tinggal bersama mereka 2 orang lainya.Hendrixian Jo-Jo (Martin Luther McCoy), the lovelorn Prudence (T.V. Carpio), who loves women but doesn’t feel free to express her true feelings.

Bisa ditebak, Lucy dan Jude dikenalkan oleh Max, dan mereka pun jatuh cinta.
Cerita yang klise mungkin. Tapi tidak untuk penggambaran visual yang ditawarkan si sutradara di film ini.
Cerita keseluruhan secara general adalah perilustrasian dari lagu2 the Beatles yg dikemas secara apik oleh Julie Taymor. Its easy to imagine what will she do with these songs, secara dia adalah sutradara Broadway, jadi smua penggambaran visual di film ini agak mengingatkan kita sama Broadway. A lot of singing, dancing, sentimental mimics, sentimental gestures played by the actors.
Efek2 art semacam yg ada di film “Science of Sleeping” juga bnyak terlihat disini.
Background set film ini diambil waktu jaman2nya hippies,rock n roll lifestyle,dan US revolution yg kejadian di tahun 1960-an. Waktu the Beatles lagi jaya2nya, waktu Martin Luther King ditembak karna dia terlalu vokal ngelawan pemerintahan US.
Warna2 dan efek yang dipilih, sangat pop-art dan sangat 60-an. (yaiyalaah..bego juga nih.maap, baru belajar nulis review film)

Gak seperti film2 musikal lain yg ga begitu memperhatikan karakter2 sampingan (bukan hanya karakter pemeran utama), di film ini, pemeran2 sampingan mempunyai karakter yang sangat kuat diceritakan. Dan gampang diingat. (mungkin krna karakter2 disini kalo engga namanya mirip persis sama judul lagu the Beatles, ya mirip sama musisi2 tahun 60-an) Sadie misalnya. Seorang hippie yg bebas, kuat, sekaligus seksi pada jamannya, eksentrik,punya suara keren banget dan terkenal. Sangat Joplinish. (She sounds even better than Joplin)

Atau contoh lain, Jo-jo. Sangat Jimi hendrix. Cool, full of soul, dan seorang gitaris.

Sbenernya ni film kalo diliat sinis, mirip kek film india. Cuman bagusnya, film ini berefek keren, punya visualisasi yg sangat artistik, dan instead of nyanyi india, aktor2nya nyanyiin lagu2 the Beatles.

Gue sendiri awalnya ga nyangka kalau film ini bakal sedalam itu mengulik lagu2 the Beatles. Dan setelah nonton, rasanya kek abis nonton konser. Puas. Gue adalah pencinta lirik. Dan film ini obviously bercerita tentang lirik lagu2 the Beatles. They are creating scenes based on these lyrics. Sangat total.

Oia, disini juga bakal ada special apperance dr Bono U2, dan Salma Hayek. yep. Salma Hayek. Dengan logat aneh berbahasa inggris, dia juga bakal bersenandung lagu2 the Beatles.

Jadi..buat penggemarnya the Beatles, Bono atau malah Salma Hayek, keknya film ini pantes banget kalian tungguin.
Q for the tickets, dont mind buying popcorn, another coke wuld be fine, sit, relax, and enjoy the songs.Rrr…I mean..movie. hehe.

3 Responses to “When lyrics come to life”

  1. fikri.anggara said

    kapan dia muncul di belandaA??? belanda payah nieh.. film2nya telat..

  2. ekowanz.com said

    judulnya YUMMMY…. ;))

  3. yayisihebring said

    fikri: he? masa belom fik? padahal uda rame loh trailernya dimana2..

    ekowanz: bangeet….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: