Boleh=Bisa

May 22, 2008

Postingan kemaren keapus..sekarang bikin baru..

Postingan ini gak bermaksud untuk menjaj alias menghakimi atau menuduh tapi ini hanya sekedar tentang setitik hal yang kepikiran sama saya.

Akhir2 ini dimana-mana banyak yg bilang/nulis/mengucapkan kalimat “Indonesia Bisa!”. Ada yg nulis2 di shoutbox FS, di status message YM/Msn, dimana2 deh. Kebawa semangat HarKitNas kemarin keknya. Bagus sih ya? Gara2 acara kemarin keknya bnyak yg semangat kenasionalannya bangkit kembali. Jadi bangga lagi sama negaranya.

Konon katanya Rendra, kalimat “Indonesia Bisa!” emang kata2 pembngkit semangat yg diucapkan oleh Pak SBY kemarin di acara perayaan 100 tahun HarKitNas. Untuk membangkitkan semangat memajukan dan membangun bangsa. (OOT, acara itu keren bgt loh. Beneran. Bangga deh.) Anyway.. ya tentang kata2 pembangkit itu..gue jadi sedikit berpikir.. Apakah ini slogan baru kita? Apakah ini official? Apakah ini akan terus2an dipakai ditiap acara untuk membangkitkan semangat nasionalisme kita? Apakah anak anda cacingan? Apakah suami anda bekerja 10 jam perhari? anyhoo, perhatikan kalimat berikut..

“Indonesia Bisa!”

Sebenernya ga ada yg salah. Kalimat ini malah sangat membakar emosi kenasionalan orang2 waktu di perayaan kemarin. Yang gue sayangkan hanyalah kesamaan dari slogan ini dengan slogan malaysia,

“Malaysia Boleh!”

FYI, kata ‘Boleh’ di bahasa Malaysia berarti bisa’ di bahasa Indonesia. Jadi slogan yg diucapkan Pak SBY kemarin kalo disini bisa dibilang, “Indonesia Boleh!” dan kalo slogan Malaysia dibawa ke Indonesia, bisa berubah jadi “Malaysia, bisa!” . Gue jadi tergelitik untuk nulis postingan ini. Kok bisa sama ya? Kenapa sama ya kata2nya? rada ga rela deh..Ungkapan “Malaysia, boleh!” ini sering diucapkan oleh PM Badawi disetiap akhir pidato kenegaraannya dia. Ya fungsinya juga sama, membangkitkan semangat kenasionalan untuk bangkit dan memajukan negaranya.Makanya beberapa temen2 gue waktu denger SBY bilang “Indonesia bisa!” itu sedikit mengerenyitkan dahi, “sama ya?”

Sebenarnya bukan masalah besar sih. Hanya slogan ini sedikit mengingatkan gue akan slogan Malaysia M150, Bisa! aja. Mudah2an slogan ini gak dibikin official. Nanti ada kasus complaint balik lagi dari sini.hehe..oia, bisa dicomplaint juga sama M150. kan taglinenya sama tuh, hehe. Btw, mau tagline/slogannya kek gimana juga gue akan terus tetap cinta dan bangga sama Indonesia. Tapi gue juga akan tetap tinggal di Malaysia atleast sampai gue lulus nanti. hehe.

16 Responses to “Boleh=Bisa”

  1. ChaL... said

    Iya, baru ingat ternyata malay pake slogan itu jg ya,
    ingatnya wkt liat bungkusan Milo, kiriman dr malaysia, hihih….

  2. r3ndr4 said

    yaa, bisa2 aja sih yii.. ehh, boleh2 aja sih.. ehh, ah ga tau dah.. pokoke.. INDONESIA BISA..!!!

    hohohohoho..

  3. repii said

    yang penting m 150, bisa ! *loh gw apaan sih ?*
    gw pen komen nih yay , tapi gw ga tau pen komeng apaan . gw kan odong , kalo gw komen tentang dora ga nyambung .
    eh kenapa ga diganti aja ,

    endonesa berhasil ! berhasil ! berhasil !
    terakhirnya , orang” tereak ‘HORE !!’

    hmm , kok terdengar familiar ya ?
    anyway , pasti terdengar lebih meriah dan sumringah !
    iya gak sih ? apa perasaan gw doank ?

    *sumpah gw nyampah abis !*

  4. r3ndr4 said

    yo’i donk pii.. gini aja deh, ngikutin slogan gw..

    “indonesia, ihyay..!!!”

    gimana, terdengar lebih syahdu kan??

    cihuy..

    ihyaay.. ihyaay..

  5. hah? emang “bisa” di bahasa melayu jadi “boleh” ya?? jadi mirip bgt dongg.. tapi bukankah itu ucapan dasar untuk menyemangati orang ya? hehe..

    btw emang ada tagline yang mirip parahh kok tentang 100 tahun kebangkitan nasional..

    slogan malaysia:
    Visit Malaysia 2007 – Celebrating 50 Years of Nationhood.

    slogan indonesia:
    Visit Indonesia 2008 – Celebrating 100 Years of National Awakening.

    hehehehe..

  6. Yah pokoknya Indonesia Bisa..!!!
    Gak tau deh bisa ngapain, bisa bangkit, kebangkitan, atau kebangetan, yah yang penting Indonesia Bisa.

    Semoga jadi Bisa segala-galanya..!!

    Ehm..πŸ™‚

    Gue Link ya…
    Link back pleaseee..

  7. repii said

    rendraaaaa ! ampun ! cukuup dengan ihyay mu ituu ! ahahahha ..

  8. bodhi said

    “aduh pak, saya ga bawa SIM sama STNK, tadi buru2 banget soalnya..”

    “ya sudah, saya tilang ya.”

    “yah, jangan dong pak.. bisa damai aja ya pak..”

    “hmm… BISA.”

  9. mysterio said

    kalo gua gini bod :

    “loh pak saya kira belok kiri boleh langsung???”

    “wah adek nggak tau yah.. disini ga boleh belok kiri langsung”

    “jadi enaknya gimana nih pa?”

    “adek mau sidang ditempat, bayar langsung lewat bank, atau mau uangnya dititip aja sama saya”

    “oh.. bisa dititip juga yak pak?”

    “BISA”

    kekekekek ….

  10. Andika said

    iya2! gw jg inget malay wkt lagi ntn harkitnas di TV..soalnya gw inget liat slogan “Malaysia, Boleh!” bertebaran dimana2 waktu d KL.

    Kalo malay mu ambil batik ama angklung kita, kita ambil slogan2nya aja deh..*loh kok, ga seimbang ya??* hehehe…

  11. Lagunabreeze.multiply.com said

    hahaha..baru tau kalo malaysia juga punya slogan gitu..
    saya termasuk orang yg yakin Indonesia bisa..dan bukan karena latah HarKitNas atau apa.. kita memang punya potensi besar yang belum dieksplor dgn tekun..kalaupun sudah biasanya tidak sustainable..
    Goldman-Sachs saja memprediksi Indonesia akan menjadi negara maju (world top 10) pada tahun 2030, makanya saya tetap yakin Indonesia bisa…sorry M-150..hahaha…

  12. superyayi said

    hehehe…(nyengir2 ke semua komen2)πŸ˜€

  13. repikachuu said

    diwarnetnya ga bisa lama” ya mbak ? ga cukup waktunya buat ngebalesin komeng ya ?
    ahahaha .. makanya neng sendiri aja , ga usah ajak pengawal kalo ke warnet ! wakakaka ..

    ‘mbak mbak .. abangnya udah mo pulang tuh !’

  14. NYENGIR TERUS!!
    UPDATE TUH BLOG.. lumutan ihhhhh…..

    *mas ganteng dengan lampu di headband*

  15. superyayi said

    *repi: ngahahhaaa..keren kaann gua punya bodigart..ngiahaha..

    *fikri: LIBURAN FIIKK…Hehiehiehe..lama lu kaga pulang2 ke indo..

  16. hihi…
    thx 4 commin..

    sori emon ga sempet baca2 postingannya..
    jadi no comment dulu dah:p

Leave a Reply

